RAPAT TEKNIS PENETAPAN ROADMAP KIID (KOMPETENSI INTI INDUSTRI DAERAH) DI KABUPATEN PAKPAK BHARAT

IMG00113-20130417-1018

Kompetensi Inti Industri Daerah (KIID) adalah program dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk meningkatkan daya saing industri yang ada di daerah. Selain itu KIID juga bertujuan untuk mensinergikan antar industri mulai dari hulu sampai dengan hilir, industri kecil sampai ke industri besar, serta membuat cluster antar industri agar saling mendukung. Sebagai rangkaiannya, Kemenperin perlu menetapkan peta panduan (roadmap) pengembangan industri, di mana pada hari Rabu yang lalu (17/04) Pemkab Pakpak Bharat melalui Dinas Perindagkop dan UMKM melaksanakan  rapat teknisnya di Hotel Waris, Salak.

Dari pihak Kementerian Perindustrian dihadiri oleh tim untuk pelaksanaan roadmap yang dipimpin Ibu Diah Nurmini, M.Si. Selain untuk rapat teknis, tim ini juga melakukan verifikasi faktual dalam rangka mencapai output yang telah ditetapkan yang nantinya merupakan acuan Pemerintah Pusat untuk difasilitasi.

Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu, MBA yang diwakili Plt. Ka. Dinas Perindagkop & UMKM, Ir. Mahadi Simanjuntak, M.Si, MM, secara lugas dan terarah menerangkan tentang produk gambir yang merupakan KIID Kabupaten Pakpak Bharat.

“Untuk kerangka pengembangan kompetensi ini tanaman gambir dalam jangka menengah (2013 – 2017) dan jangka panjang (2018 – 2025) seperti industri inti (industri pengolahan gambir) dan  industri penunjang (packaging alat mesin) dilakukan rencana aksi untuk perbaikan kelembagaan, penguatan proses, SDM dan produksi juga efesiensi dalam proses produksi. Sementara untuk jangka panjang adalah estensifikasi pemasaran”, jelas beliau.

Mahadi Simanjuntak juga memaparkan bahwa roadmap pengembangan dalam waktu jangka pendek akan dilakukan pengaktifan keorganisasian tim gambir sebagai tim pengembangan kopetensi inti, penyelarasan dengan program Kawasan Andalan Dataran Tinggi Bukit Barisan ( KDTBB), pengoperasian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun pembentukan KUB Gambir dan untuk jangka panjangnya pembangunan  UPT yang mempasilitasi pengolahan dan pengujian mutu.

 Melihat kesiapan Kabupaten ini  tim dari Kementerian berjanji akan mendiskusikan dengan instansi terkait sehingga KIID secepat mungkin terbentuk di Pakpak Bharat. (Sumber berita : Bag. Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)

About The Author

Number of Entries : 440

@2013 Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat

Scroll to top